Bubuk Minuman Kekinian Trend dan Perkembangan Industri Minuman Instan, Masih Bagus kah?

Bubuk Minuman Kekinian Omura

Sebelum terjun berbisnis di industri minuman kekinian, mengetahui trend dan perkembangan bisnis di sektor ini sangat penting. Dari pembacaan tersebut, kamu dapat memutuskan langkah selanjutnya.

Selain itu, kamu juga perlu memahami bahwa lini bisnis di industri ini bervariasi. Masing-masing memiliki peluang dan tantangannya tersendiri. Kamu perlu mempertimbangkan ini dan menyesuaikan diri dengan kapasitas yang kamu miliki. Bubuk Minuman Kekinian

Tulisan ini akan membantumu memiliki keputusan untuk maju atau mundur.

Perkembangan Industri Minuman Nasional

Secara umum, perkembangan industri minuman dan makanan di Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2021, berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistik), pertumbuhannya meningkat 2,95% dari tahun sebelumnya.

Masih dari data BPS, industri sektor ini adalah industri termasuk yang akan pulih dengan cepat di masa pandemi ini. Selain itu, tren industri minuman dari sisi  permintaan pasar meningkat. Jadi, industri ini masih menjanjikan untuk kamu lakoni di tahun mendatang.

Bahkan, Kementerian Perindustrian menyatakan, industri ini dapat menjadi andalan utama untuk meningkatkan pendapatan nasional di masa sekarang. Baik untuk pelaku skala besar, menengah, hingga kecil, punya potensi sama.

Jadi, jika kamu bertanya apakah prospek bisnis ini masih bagus, maka mengacu pada data-data tersebut, jawabannya adalah iya’. Kamu bisa memutuskan untuk terlibat di industri ini.

Peluang dan Tantangan di Industri Minuman Kekinian

Jika kita definisikan industri adalah kegiatan pengolahan dan memberi nilai tambah bagi barang mentah atau produk setengah jadi sehingga berpotensi menguntungkan, maka ada beberapa jenis bisnis dalam industri di bidang minuman kekinian antara lain:

  • Memproduksi minuman dari bahan mentah menjadi minuman kemasan yang dijual ke minimarket, supermarket, dan sebagainya.
  • Memproduksi bahan mentah menjadi bahan setengah jadi seperti bubuk minuman kekinian untuk dijual lagi, baik secara B2B maupun ke end user.
  • Mengolah bahan setengah jadi seperti minuman serbuk untuk dijual ke end user lewat booth, lapak, online,dan sebagainya.

Masing-masing lini industri minuman ringan ini, tentu punya peluang dan tantangannya masing-masing.

1. Bahan Mentah ke Produk Jadi

Untuk jenis bisnis yang pertama, meskipun masih ada peluang, namun tentu ini sangat berat. Pemain-pemain dalam bisnis ini umumnya adalah perusahaan besar yang sudah mapan dan berpengalaman, bahkan bersifat multinasional.

Kamu perlu bersaing dengan nama-nama brand minuman dengan jaringan distribusi yang luas menjangkau minimarket, supermarket, grosir, atau warung-warung.

“Kalau boleh jujur, kami tak merekomendasikan jenis ini. Kecuali, kamu punya sokongan investor dengan dana yang sangat besar.”

2. Bahan Mentah ke Produk Setengah Jadi

Pilihan kedua umumnya memproduksi bahan mentah minuman menjadi serbuk atau bubuk minuman siap minum. Targetnya bisa langsung ke konsumen, bisa juga ke pelaku bisnis yang mengolah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi untuk dijual lagi.

Sebenarnya, peluangnya juga masih terbuka. Namun, ini juga membutuhkan modal besar. Kamu  perlu bersaing dengan bisnis-bisnis raksasa yang juga bermain di lini ini. Tentu, perjuangan promosinya perlu ekstra keras.

“Dengan fakta tersebut, pilihan jenis ini juga lebih cocok untuk kamu yang punya modal besar.”

3. Produk Setengah Jadi ke Produk Jadi

Jenis bisnis yang terakhir, sangat cocok untuk kamu yang memiliki modal kecil atau terbatas. Termasuk, yang belum punya banyak pengalaman dalam berbisnis.

Salah satu contoh usaha yang masuk dalam kategori ini adalah berjualan produk minuman dari bahan serbuk setengah jadi. Penjualannya dapat menggunakan booth atau bisa juga memanfaatkan media online.

Peluang industri minuman kekinian semacam ini masih sangat luas, mengingat jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak. Kamu bisa berjualan di lingkungan komplek, pendidikan, perkantoran, hingga perbelanjaan.

“Karena dengan modal di bawah 10 juta umumnya bisnis ini sudah dapat berjalan, maka tentu ini sangat recommended untuk banyak kalangan.“   

Kunci Sukses Terjun di Industri Minuman Kekinian

Dari ketiga jenis model usaha, kami merekomendasikan kamu terjun ke jenis yang ketiga. Dengan mengolah produk setengah jadi menjadi produk jadi ke end user, kamu mendapat beberapa keuntungan:

  • Modal minim
  • Risiko lebih rendah
  • Persaingan lebih sehat dan sepadan
  • Praktis, hanya menjalankan bisnis di level hilir (tidak perlu produksi sendiri karena produk sudah setengah jadi)

Hanya saja, perjuangan bisnis di pilihan ini juga bukan tanpa tantangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan untuk dapat meraih kesuksesan.

1. Pilihan Jenis Minuman Kekinian

Salah satu kunci berhasil dalam persaingan adalah mengikuti trend. Kamu perlu beradaptasi dengan tren-tren minuman kekinian.

Jika kamu perhatikan, saat ini tumbuh minuman-minuman dingin dan menyegarkan dengan berbagai rasa. Mulai dari kopi, teh, buah-buahan, dengan berbagai jenis topping yang menarik dan menggugah selera.

Untuk menyiasati karakter konsumen yang mudah bosan, kamu perlu menyiapkan lebih banyak varian kekinian. Selain pilihan bubuk yang tepat, perlu juga memberi pilihan topping.

2. Pilihan Target Market

Meskipun pada dasarnya semua segmen mungkin saja menjadi target market, namun ada target yang lebih menjanjikan.

Berdasarkan riset APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet) pada 2018 lalu, terungkap bahwa tingkat perilaku konsumtif penduduk Indonesia beragam. Untuk level tertinggi, ada di segmen Generasi Milenial dan Generasi Z.

Namun jika kamu mau masuk ke segmen ini, kamu perlu menyesuaikan diri. Selain mengemas produk yang lebih kekinian, kamu juga bisa memberi kemudahan transaksi karena mereka terbiasa serba online.

3. Pilihan Mitra Bisnis

Untuk dapat bertahan dalam jangka panjang, kamu perlu supplier yang menyediakan bubuk minuman kekinian dengan rasa lezat. Rasa akan menjadi pengikat paling kuat antara bisnismu dengan pelanggan.

Selain itu, pastikan bahwa supplier tersebut berpengalaman dan mampu secara konsisten menyediakan stok. Dengan demikian, usaha yang kamu jalankan tidak akan terganggu di tengah jalan. Jadi, kamu dapat menikmati keuntungan dalam waktu yang panjang. Bubuk Minuman Kekinian

Peluang Bisnis Bersama Omura, Murah & Menjanjikan!

Jika kamu tertarik untuk terjun dalam bisnis industri minuman, bermitra dengan Omura adalah pilihan terbaik.

Kami merupakan perusahaan yang menyediakan bubuk minuman premium dan siap menjadi mitra jika kamu ingin terjun di industri minuman yang prospektif ini.

Berikut beberapa kelebihan yang Omura tawarkan!

  • Perusahaan legal dan terpercaya.
  • Kualitas bubuk premium, rasa enak dan terjamin konsistensinya.
  • Terdapat puluhan pilihan rasa.
  • Terbukti digemari oleh berbagai kalangan.
  • Harga terjangkau.

Kami juga menawarkan aneka jenis skema kerjasama untuk kamu yang tak sabar untuk berbisnis minuman kekinian. Mulai dari sekedar membeli minuman bubuk untuk dijual lagi, paket jualan, hingga paket franchise dengan harga variatif.

Pelanggan kami sudah banyak yang meraih keuntungan dengan berbagai produk serbuk minuman Omura Powder. Baik yang berjualan di booth, komplek perbelanjaan, cafe, dan lainnya. Mereka mendapatkan keuntungan jutaan rupiah setiap bulannya.

Kini, saatnya kamu mencoba membuktikannya. Bersama Omura, mari kita ambil peluang menjanjikan di industri minuman kekinian. Jika kamu masih menyimpan pertanyaan dan hal-hal yang belum jelas, jangan ragu untuk menghubungi kami dan berkonsultasi terlebih dahulu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *